Belubang Lagi, Jalan Pantura Butuh Perbaikan Total

INDRAMAYU - Pengendara yang sehari-hari melintasi jalan raya pantura Indramayu semakin tidak nyaman. Sebab kondisi jalan yang sebelumnya rusak parah, tambah hancur. Tak hanya bopeng berlubang, permukaan aspal dan beton di sejumlah ruas jalan mulai Sukra sampai Sukagumiwang berjerawat parah karena banyaknya gundukan tanah.

“Saya setiap hari lewat jalan pantura. Sekarang sudah tidak nyaman duduk dimobil, bergoyang-goyang. Pernah naik motor, anjlug-anjlugan,” ucap Budi Santoso, salah seorang pengendara kepada Radar, Kamis (26/1).

Warga Kecamatan Patrol yang sering bepergian ke wilayah Jatibarang ini mengungkapkan, hampir seluruh jalan pantura dalam kondisi memprihatinkan. Ditambah guyuran hujan berhari-hari sehingga kondisinya semakin rusak. Saat turun hujan atau setelahnya, dia mesti berhati-hati. Jika lengah fatal akibatnya.

“Jangankan dilalui sepeda motor, kendaraan roda empat saja tidak nyaman. Kalau di depan ketemu lubang, lebih baik ambil ancang-ancang untuk menghindar atau melambatkan laju kendaraannya agar tidak terperosok,” saran dia.

Pengendara lainnya, Topan membenarkan, kondisi jalan yang rusak memang sudah pada taraf membahayakan pemakai jalan. Jalan yang berlubang cukup dalam dapat merusak as ban mobil dan dapat menyebabkan pengendara motor terjungkal.

Seingatnya, perbaikan jalan pantura dengan cara tambal sulam dilakukan saat menjelang musim liburan Natal dan Tahun Baru 2107. Namun setelah diguyur hujan deras beberapa hari terakhir, permukaan aspal yang telah ditambal kembali mengelupas, bopeng-bopeng dengan ukuran bervariasi.

“Untuk kepentingan mendesak tambal sulam memang tidak masalah. Tapi jika tidak segera diperbaiki total maka potensi kecelakaan lalu-lintas justru akan semakin besar,” kata dia.

Karena itu, sebagai pengguna jalan, bapak dua anak ini mengaku lebih berhati-hati melintasi Pantura terutama saat hujan turun. Apalagi lubang kerap tidak terlihat karena tertutup kendaraan besar di depannya. Ia mengaku kerap melihat pengendara bermotor nyaris celaka saat melintasi lubang jalan. (kho)


Sumber : Radar
Powered by Blogger.