Indramayu Sodorkan Tiga Lokasi Pengganti Pelabuhan Cilamaya

Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu berharap agar kawasan Losarang menjadi lokasi pengganti pelabuhan Cilamaya, Karawang.

Menurut Bupati Indramayu Anna Sophanah, pihaknya sudah tiga kali melakukan ekspos ke Kemenko Perekonomian terkait lokasi pengganti Cilamaya. Karena,  Indramayu memiliki tiga kecamatan yang memungkinkan berdirinya pelabuhan besar.

“Kami menawarkan Losarang, Kandanghaur, dan Cantigi, pihak Kemenko sudah survey satu kali,” ujar Anna di Bandung, Rabu (10/6).

Menurut Anna, pihak Kemenko Perekonomian dinilai tertarik ke Indramayu karena pihaknya juga sudah diajak untuk melihat pembangunan pelabuhan di Lamongan, Jawa Timur.

Anna mengaku, tiga lokasi tersebut sudah memiliki hasil DED (details engineering design) pada 2010 lalu oleh Kemenhub. “Ketiganya berpeluang tapi Losarang lebih memungkinkan,” katanya.

Pemerintah  sendiri membutuhkan kawasan seluas 3000 hektare untuk membangun pelabuhan. Anna memastikan di lokasi yang ditawarkan tidak serumit yang terjadi di Cilamaya karena lokasi didominasi oleh lahan milik Perhutani dan tidak ada pipa Pertamina.

 “Pipa tidak ada, sawah hanya beberapa tidak ada masalah sama sekali. Lahan Perhutani kan bisa diganti,” katanya.

Anna mengatakan, Kabupaten Indramayu menjanjikan jika Pusat memilih daerah tersebut menggantikan Cilamaya, maka urusan di lapangan terkait perizinan akan dipermudah. Ia menyadari pemerintah masih merahasiakan lokasi pengganti karena terkait spekulan, namun Indramayu menjamin harga tanah di lokasi bisa dinegoisasi. “Kalau di Losarang sawah milik petani sedikit kok,” katanya.

Anna juga menghitung jika pelabuhan digeser ke arah perbatasan Subang dan Karawang pemerintah harus memprediksi pertumbuhan industri 10 tahun setelah pelabuhan berdiri. Menurutnya, pertumbuhan penduduk di sana akan meningkat.

Kepala Bappeda Indramayu Wawang Irawan mengakui tengah menyodorkan lokasi pengganti Cilamaya. Upaya awal ditempuh lewat Kemenko Perekonomian untuk selanjutnya mendekati pihak Kementerian Perhubungan.

Menurut Wawang, Kemenko yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan Edy Putra Irawady sudah satu kali datang ke Indramayu untuk mengecek lokasi.

Menurutnya, ada empat kecamatan yang dikaji oleh Kemehub 2010 lalu. Namun, dari empat pilihan, kecamatan Losarang dinilai paling representatif.

“Kurang lebih ada  sembilan parameter ke pelabuhan yang dipenuhi Losarang salah satunya 8 kilometer dari bibir pantai harus memiliki kedalaman 5 meter,” katanya.


Penulis: Arie Lukihardianti
Sumber:REPUBLIKA

No comments

Powered by Blogger.