Cegah Praktik KKN, Kajari Indramayu Sidak Sekolah

Indramayu - Kepala Kejaksaan Negeri(Kajari) Indramayu,Dedi Koesnomo mendadak mengunjungi beberapa sekolah SD, SMP dan SMA di wilayah Kota Indramayu menyusul maraknya pemberitaan dimedia terkait program Kartu Pintar dan pungutan liar(pungli).
Kunjungan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya praktik-praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme(KKN) dilingkungan pendidikan. Didampingi Kadisdik Indramayu, HM.Ali Hasan dan Kasi Intel Kajari, Khaerdin, rombongan mendatangi SDN Margadadi IV, SDN Unggulan dan SMAN 2 Indramayu."Kedatangan kami kesekolah-sekolah dalam rangka melakukan pencegahan agar pengelola pendidikan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum,"ungkap kajari disela-sela kunjungannya, Jum'at (9/10).
Menurutnya, maraknya pungli sebagaimana santer diberitakan media patut untuk ditelusuri keberadaannya dilapangan termasuk menanggapi tindak lanjut dari pengaduan masyarakat terhadap persoalan itu.Dalam obrolan bersama kepala sekolah dan komite sekolah, pihaknya menanyakan  proses musyawarah yang selama ini ditempuh antara masyarakat(wali murid,-red) bersama komite sekolah, sehingga dapat difahami peran masyarakat begitu besar dalam mewujudkan kelangsungan pendidikan di Indramayu.
"Kami juga sudah sampaikan kepada Kadisdik Indramayu, agar dapat mengalokasikan anggaran secara maksimal kepada sekolah, terutama yang membutuhkan pengembangan lingkungan,"tuturnya.
Saat kajari meninjau lokasi Sekolah Berbasis Lingkungan(SBL)di SDN Margadadi IV, ia memberikan apresiasi atas kesungguhan masyarakat dan pihak sekolah yang telah berhasil mewujudkan penataan lingkungan sekolah yang bisa disulap menjadi taman sekolah."Termasuk adanya kantin kejujuran SDN Margadadi IV menjadi daya tarik kami untuk bisa ditingkatkan sebagai sekolah binaan, karena kantin kejujuran menjadi program prioritas kejaksaan,"terangnya.
Ia berharap kepada komite sekolah agar dapat dengan tegas menolak program-program sekolah yang orientasinya tidak bermanfaat bagi kemajuan lembaga pendidikan yang dikelolanya.Sementara itu, Kepala SDN Margadadi IV, Hj. Zahara Aini mengaku kaget atas kunjungan secara mendadak dari Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu untuk melihat perkembangan dan situasi lingkungan sekolah yang ia pimpin selama ini.
Ia menyatakan, program yang selama ini dirintis tentunya banyak andil dari orang tua murid untuk menyulap kondisi sekolah yang sebelumnya belum memiliki ruang UKS, penataan halaman dengan paving blok, penataan pagar penuh dengan kreasi dan corak warna hasil murid-murid, penataan rak buku perpustakaan, rak prestasi sekolah dan yang terakhir penataan Sekolah Berbasis Lingkungan dengan memanfaatkan lahan milik Kajari Indramayu.
"Jika tidak mengandalkan partisipasi dan dukungan masyarakat, kondisi lingkungan sekolah tidak mungkin seperti hari ini, seperti tadi Pak Kajari juga cukup apresiatif dengan program sekolah,"ungkapnya.
Ia berharap, diakhir masa pengabdiannyaApril 2016 nanti, kondisi lingkungan sekolah benar-benar menjadi lingkungan pendidikan yang dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi anak didik dan mampu diteruskan oleh kepala sekolah yang baru, dengan upaya terus memelihara dan menjaganya. 
Senada, Sekretaris Komite SDN Margadadi IV, Ihsan Mahfudz menyampaikan terimakasihnya kepada Kajari Indramayu yang telah memberikan bimbingan dan pembinaan kepada pengelola SDN Margadadi IV dalam menjalankan program-program sekolah yang diharapkan oleh semua pihak, sehingga harapan dari penegak hukum dalam menyosialisasikan bahaya dan dampak KKN bisa difahami oleh semua pihak, tentunya menyangkut tanggung jawab masyarakat dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan.
"Keberhasilan pendidikan ditunjuang oleh tiga faktor salah satunya adalah masyarakat, maka porsi komite sekolah melekat pada kesuksesan program sekolah, bagaimana agar anak anak kami yang di SDN Margadadi bisa nyaman belajar, maka langkah dan programnya selalu dibicarakan dengan seluruh masyarakat dalam hal ini wali murid,"ungkapnya.
Ia menyampaikan, partisipasi masyarakat untuk program sekolah sangat besar,sehingga pembangunan dan penataan lingkungan sekolah dapat ditunjang dengan baik dan menghasilkan sebagaimana yang diharapkan bersama."Kami berharap Disdik Indramayu terus memberikan motivasi kepada seluruh sekolah, melalui konsep penataan lingkungan seperti sebelumnya SDN Margadadi IV memperoleh penghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat dan dari Menteri Lingkungan Hidup dalam lomba K3,"tandasnya. (IEM/Fajarnews)

No comments

Powered by Blogger.